Makanan Penyebab Gagal Ginjal

Selain Minuman Ringan Inilah Makanan Penyebab Gagal Ginjal Yang Perlu Diketahui

Posted on

Makanan Penyebab Gagal Ginjal – Gagal ginjal bisa disebabkan oleh masalah kesehatan atau makanan. Gaya hidup merupakan poin penting yang harus digarisbawahi untuk menghindari penyakit ini. Di antara makanan penyebab gagal ginjal adalah minuman ringan, pemanis buatan, kafein, garam dan daging. Di sisi lain, batu ginjal sering kali dihadapi oleh mereka yang gemar mengonsumsi alkoh0l dalam jumlah berlebihan, faktor keturunan, obesitas, pencernaan, pola makan yang tidak tepat dan kurang minum air.

Tanda dan Gejala Penyakit ginjal

Setelah kita memahami apa itu batu ginjal, pembahasan dilanjutkan tentang gejala penyakitnya. Biasanya mereka yang menderita batu ginjal sering merasakan nyeri di pinggang, perut samping atau selangkangan buah yang diikuti mual. Sedangkan bila yang dirasakan penderitanya adalah urine tampak keruh dan berbau tidak sedap, menggigil, demam tinggi dan badan lemas, itu pertanda infeksi batu ginjal.

Menjaga kesehatan ginjal hanya dengan minum banyak air dan sering buang air kecil tidaklah cukup. Untuk mencegah gangguan kesehatan ginjal, Anda juga harus memperhatikan pola makan (diet) yang efektif dapat membantu meningkatkan kinerja dan fungsi ginjal. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa es teh ternyata bisa memicu gangguan ginjal.

Contoh makanan apa saja yang bisa menjaga kesehatan ginjal? Berikut penjelasannya.

1. Paprika Merah

Selain menambah cita rasa dan aroma masakan, paprika merah juga berfungsi untuk membersihkan darah yang akan sangat membantu bagi penderita gagal ginjal.

2. Putih Telur

Jika Anda memiliki masalah ginjal, Anda membutuhkan protein dengan kandungan fosfor yang rendah. Putih telur adalah pilihan yang bagus, karena merupakan jenis protein yang sehat dengan kandungan fosfor yang jauh lebih rendah daripada jenis protein lainnya. Sedangkan kuning telur sebaiknya dihindari, terutama oleh penderita gangguan ginjal.

3. Kembang kol

Sayuran ini merupakan musuh senyawa racun dalam tubuh. Kandungan indoles, glukosinolat dan tiosianat pada kembang kol efektif menghilangkan racun yang mengganggu kinerja ginjal. Cara termudah untuk mengolah sayuran ini adalah dengan merebusnya dengan sedikit merica dan garam.

4. Kubis

Sayuran ini merupakan sumber fitokimia terbaik yang secara efektif dapat menghilangkan radikal bebas yang merusak tubuh dan kulit. Makan kubis mentah sangat dianjurkan bagi mereka yang rutin harus menjalani cuci darah atau menderita penyakit ginjal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *